Tema adalah pokok pikiran atau gagasan pokok yang menjadi pokok pembicaraan (Poerwadarminta,1983).
Keuntungan yang diharapkan dengan tema:
- Peserta didik mudah memusatkan perhatian pada suatu tema tertentu
- Peserta didik mampu mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi dasar antar mata pelajaran dengan suatu tema tertentu
- Pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan
- Kompetensi dasar dapat dikembangkan lebih baik dengan mengkaitkan mata pelajaran lain dengan pengalaman pribadi peserta didik
- Peserta didik mampu lebih merasakan manfaat dan makna belajar karena materi disajikan dalam konteks tema yang jelas
- Peserta didik lebih bergairah belajar karena dapat berkomunikasi dalam situasi nyata, untuk mengembangkan suatu kemampuan dalam suatu mata pelajaran, sekaligus mempelajari matapelajaran lain
- Guru dapat menghemat waktu karena beberapa mata pelajaran yang disajikan secara tematik dapat dipersiapkan sekaligus
- Aliran progresivisme ( proses pembelajaran ditekankan pada pembentukan kreatifitas, pemberian sejumlah kegiatan,natural, memperhatikan pengalaman peserta didik
- Aliran Konstruktivisme, pengalaman peserta didik sbg kunci dalam pembelajaran (manusia mengkonstruksi pengetahuannya dengan objek, fenomena, pengalaman dan lingkungannya pengetahuan tidak ditranfer begitu saja dari guru tapi harus diinterpretasikan oleh masing-masing peserta didik, pengetahuan bukan sesuatu yang jadi melainkan suatu proses yang berkembang terus menerus
- Aliran Humanisme yang melihat peserta didik dari segi keunikan/kekhasannya, potensinya,dan motivasi yang dimiliki
- Pembelajaran tematik berkaitan dengan psikologi perkembangan dan psikologi belajar terutama dalam menentukan isi materi yang diberikan agar tingkat keluasan dan kedalamannya sesuai dengan tahap perkembangan peserta didik
LANDASAN YURIDIS
- UU No 23 th 2002 tentang Perlindungan anak ps 9 yang menyatakan setiap anak berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran dalam rangka pengembangan pribadinya dan tingkat kecerdasannya sesuai dengan miat dan bakatnya
- UU No 20 tentang Sisdiknas (Bab V Pasal (1-b) yang menyatakan bahwa setiap peserta didik berhak mendapatkan pelayanan pendidikan sesuai dengan bakat minat dan kemampuannya
- Permendiknas No 22 th 2006 ditekankan bahwa Pembelajaran pada kelas I s.d III dilaksanakan melalui pendekatan tematik
tag post: Landasan Pembelajaran Tematik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar